Post Detail

Uncover the captivating story behind each post with our detailed insights, providing a deeper understanding and enriching your reading experience.

Candlette dan Gartenhutte Peroleh Pendanaan P2MW 2023

Surabaya – Mahasiswa yang tergabung dalam Ubaya Startup Community dengan produk bisnis bernama Candlette dan Gartenhutte berhasil memperoleh pendanaan dari Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023 yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kemdikbudristek RI. Dua kelompok wirausaha ini mendapat bantuan dana pengembangan, pembinaan, serta pelatihan usaha untuk tahapan usaha bertumbuh kategori jasa dan perdagangan, Kamis (6/7/2023).

“Selamat tim Candlette dan Gartenhutte telah mengukir prestasi, memberikan kebanggaan bagi Ubaya InnovAction Hub (UIH) sebagai unit pengelola kewirausahaan dan inovasi di Universitas Surabaya (UBAYA). Selamat berproses dan semoga bisa memotivasi teman-teman lain untuk tidak ragu menempuh jalan kewirausahaan,” ucap Prof. Sujoko Efferin, Ph.D selaku Direktur UIH.

Anggota kelompok Candlette berasal dari mahasiswa Fakultas Psikologi UBAYA yaitu Eunike Gabriela Jesariela, Yolanda Jaya, dan Theresia Yosephine Anggristiany. Sedangkan kelompok Gartenhutte terdiri dari mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA yaitu Elang Yudha Waskita, Fahrul Hendrik Setiawan, dan Muhammad Gerry Sugianto. Bantuan pendanaan P2MW 2023 dibagi menjadi dua bagian yaitu manajemen dan kelompok usaha mahasiswa. Total pendanaan yang diperoleh dua kelompok wirausaha ini sebesar Rp36.100.00,00.

Eunike, sapaan akrab Owner Candlette merasa senang bisa lolos dalam pendanaan dan pendampingan dari P2MW 2023. Ia menjelaskan jika bisnisnya telah beroperasi sejak April 2021. Candlette merupakan brand lilin aromaterapi khas Indonesia. Saat ini Candlette menyediakan berbagai macam produk self-care dan home decor yang berkualitas, seperti lilin aromaterapi, linen spray, dan reed diffuser.

“Lilin aromaterapi dapat dijadikan terapi sederhana di rumah yang dapat membantu untuk meminimalisir insomnia, menenangkan, dan meredakan sebuah emosi (sedih, marah) yang dirasakan. Melalui Candlette, kami ingin berkontribusi secara nyata dalam membantu masyarakat Indonesia mengenai kesehatan mental yang bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh dan psikologis individu,” ungkap mahasiswi semester 6 ini.

 

Café Gartenhutte dengan pemandangan alam Gunung Penanggungan. Dokumentasi: https://instagram.com/gartenhutte.id

 

Di sisi lain, Elang yang merupakan Owner Gartenhutte mengaku jika bisnisnya didirikan pada tahun 2020 sebagai wadah pemberdayaan masyarakat Desa Selotapak Kecamatan Trawas karena banyak warga terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19. Gartenhutte mengusung konsep outdoor cafe untuk memanfaatkan potensi pemandangan alam yang dekat dengan Gunung Penanggungan. Selain itu, pembangunan café ini dilakukan saat pandemi sehingga banyak orang akan memilih tempat outdoor untuk refreshing

Elang menceritakan kondisi awal bangunan yang digunakan sebenarnya difungsikan sebagai tempat menyimpan pupuk pertanian. Kemudian tim mencoba berinovasi menjadi tempat pembuatan kopi dan tidak dijual secara komersial. Namun, Gartenhutte mendapat respon baik dari pengunjung yang tidak sengaja singgah untuk berfoto. Akhirnya Ia dan tim mempunyai ide untuk membuat tempat ini menjadi café dengan menjual kopi dan produk pertanian sekitar seperti sayuran untuk kebutuhan makanan.

“Saat ini kondisi Gartenhutte sudah ramai pengunjung. Teman-teman juga bisa mengunjungi café kami jika pergi ke Trawas. Nantinya kami ingin mengembangkan bisnis ini menjadi Gartenhutte Specialty yaitu inovasi café dengan produk kopi yang berkualitas, varian yang beraneka ragam, dan menyelenggarakan pelatihan barista,” tutup Elang. (fmd)

UIH atau Ubaya Innovaction Hub merupakan hub yang menghubungkan dan memfasilitasi seluruh kegiatan kewirausahaan dan inovasi di Universitas Surabaya. Dalam pelaksanaannya, UIH juga menjalin kemitraan dengan pemangku kepentingan eksternal.

Our Contact

Gedung Fakultas Teknobiologi Lantai 1
Ruang Co-Working Space BB.01.01
Jl. Raya Kalirungkut, Surabaya 60293

 2023 @ UIH Team